Minggu, 21 September 2014

Usaha sampingan untuk karyawan dan ibu rumah tangga


Ide untuk mencari usaha sampingan memang takan pernah berhenti. Karena kebutuhan hidup juga tak pernah berhenti yang ada malah terus bertambah seiring berjalannya waktu. Ada saja kebutuhan yang memerlukan biaya dalam kehidupan. Ada yang sudah direncanakan dan ada juga kebutuhan kebutuhan yang tidak direncanakan sebelumnya baik besar ataupun kecil.

Ada pengalaman pribadi sewaktu adik saya masuk rumah sakit dan memerlukan biaya yang cukup besar bagi seorang saya sebagai Bangsawan (Bangsa karyawan..). Waktu itu adik saya sakit sudah berbulan bulan dan harus dibawa kerumah sakit. Betapa sakit hati, kecewa dan marah karena beberapa rumah sakit menolak merawat adik saya dengan alasan kamar penuh. Waktu itu ibu menggunakan program jamkesmas sebagai jaminan pembayaran dirumah sakit. Andai saya punya cukup uang, mungkin takan begini. Saya kerja sebagai karyawan pabrik di bogor. Ibu dan adik tinggal di daerah tangerang. Saya mencari rumah sakit di bogor dan membuat surat pernyataan bahwa biaya akan saya tanggung semua ( walau saya tidak punya cukup uang waktu itu), ahirnya Rumah sakit tersebut mau menerima adik saya yang sudah dalam kondisi menyedihkan. Alhamdulillah adik saya tertolong dengan motor yang biasa saya pakai untuk kerja saya jual dlu.. (ups ko jadi curhat yah.. maaf2 hehe
---- agen tf organik ---

Balik lagi ke topik pembahasan kita tentang ide membuat usaha sampingan terutama untuk yang sebangsa dengan saya bangsawan (bangsa karyawan). Saya pernah membuat beberapa usaha sampingan untuk menambah penghasilan supaya bisa memberi ibu saya cukup uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dirumah. Ada beberapa usaha sampingan yang saya lakukan. Berikut saya coba sebutkan beberapa diantaranya :
usaha sampingan beternak ayam
usaha sampingan beternak ayam | sumber : industri.kontan.co.id


1.       Usaha sampingan yang pertama saya coba usaha beternak ayam broiler.
Ceritanya begini, waktu itu ada teman yang ngajakin patungan usaha ternak ayam broiler. Dengan diiming imingi hasil yang menjanjilkan ahirnya saya mau ikut join dalam usaha peternakan ayam. Saya memaksakan diri untuk meminjam uang kepada orang lain karena teman saya meyakinkan akan memberikan keuntungan hasil usaha peternakan setiap 40 hari. Artinya setelah lewat 40 hari, ayam bisa dipanen dan sudah bisa dijual. Keuntungan hasil penjualan setelah dikurangi biaya ini dan itu akan dibagi dua. 


Namun apa yang terjadi, setelah uang saya serahkan dan waktu berjalan saya tidak diberikan sepeserpun uang seperti yang dijanjikannya. Setiap saya nagih hasil, ada aja alasan alasan yang dia berikan. Rugilah, inilah, itulah. Tak ada penjelasan yang jelas dan gamblang sebagai mana yang ia janjikan waktu awal usaha. Ahirnya saya menyadari bahwa bukan dia yang salah, tapi ini karena kebodohan saya yang terlalu mudah percaya.
 peluang usaha sampingan mainan anak
salah satu tempat belanja peluang usaha sampingan mainan anak | sumber riantyokta.wordpress.com

2.       Berikutnya usaha sampingan yang saya geluti adalah berjualan mainan anak-anak. Saya bisa mengisinya ketika pulang kerja, atau sebelum berangkat kerja, dan juga pada saat hari libur. Usaha ini cukup menjanjikan. Saya memilih usaha ini, karena mainan anak anak tidak akan pernah basi dan selalu diminati kapanpun. Saya menjual mainan yang murah – murah. Semua jenis mainan saya bandrol 1000 (seribu rupiah). saya mulai menitipkannya ke warung warung. Satu persatu warung yang saya titip mainan bertambah. Ada sekitar 30 warung yang saya titipkan mainan, namun angka itu terus bertambah. Ahirnya saya putuskan untuk merekruk satu orang karyawan yang bertugas sebagai sales yang mengantar mainan-mainan ke warung dan menagih hasil penjualannya seminggu sekali. 

Hari demi hari, warung yang saya titip mainan makin bertambah hingga mencapai angka sekitar 120 warung. Alhamdulillah usaha makin berkembang berarti produk saya diterima anak – anak.. hehe. namun kendala selalu ada, menjelang usia usaha satu tahun, pegawai saya mulai berubah sikap. Uang setorang selalu kurang, barang yang dibawa juga sering hilang. Aneh memang, padahal saya memberikan pembagian hasil yg cukup besar. Usaha ini pun ahirnya runtuh karena saya kurang tegas kepada pegawai.

3.       Setelah usaha mainan saya hancur, saya kapok untuk beberapa bulan. Tak ada satupun usaha sampingan yang saya lakukan. Namun itu tadi, kebutuhan dan hasrat saya untuk mencari usaha sampingan tak mau berhenti. Ahirnya saya buka usaha sampingan lagi dengan saudara sepupu dari ibu sebut saja pa udin. Saya membuka usaha fried chiken kaki lima. Saya merintis usaha ini dari nol. Dengan sepupu ibu saya sebagai karyawan. Saya belajar membuat friend chiken kepada adik dari teman kantor saya yang punya usaha serupa. Ahirnya saya bisa membuat fried chiken sendiri dengan trial dan error tentunya hehe. Gerobak mulai dibuat oleh udin, dan saya mulai membeli segala kebutuhan peralatan dan perlengkapan.
Usaha sampingan karyawan
contoh Usaha sampingan karyawan yang saya mulai

Tepat di hari minggu, usaha sampingan saya pun dimulai lagi. Ternyata usaha sampingan tidak sulit. Hanya memang dibutuhkan keberanian yang extra besar untuk melawan keraguan di dalam hati. Laku tidak, laku tidak, itu yang saya rasakan ketika pertam kali membuka usaha ini. Namun apa yang terjadi diluar dugaan saya. Friend chicken buatan saya cukup digemari. Alhamdulillah saya dapat memberi pa udin pekerjaan saya juga dapat penghasilan tambahan dari usaha sampingan saya.

Usaha ini berjalan cukup baik. Namun menginjak 1 tahun, masalah- masalah mulai bermunculan. Kasusnya kurang lebih hampir sama dengan usaha sebelumnya. Pa udin tidak puas dengan penghasilan yang ia dapat. Padahal setiap bulan saya selalu memberikan bonus lebih jika penjualannya sedang bagus. Ahirnya saya merubah sistem penggajian dengan sistem bagi hasil. Inipun tidak berjalan efektif, dimana kali ini saya yang pusing sendiri. Karena saya masih saudara, dan ingin terus menjaga hubungan baik. Ahirnya, setelah berkonsultasi dengan ibu, saya diminta menyerahkan usaha sampingan tersebut sepenuhnya kepada pa udin. karena memang pa udin tidak punya pekerjaan tetap sementara beliau butuh biaya untuk mencukupi kebutuhan anak dan istrinya.

Sebenarnya masih ada beberapa usaha saya yang insyaAllah nanti akan saya share lagi. Semoga bermanfaat atau sekedar jadi inspirasi buat teman teman semua. Saya hanya berfikir kalo kita sulit mencari usaha sampingan yang cocok buat kita bangsawan dan ibu rumah tangga, kenapa kita tidak mencoba sendiri membuat usaha yang cocok dan kita desain semau kita. Pertanyaanya adalah emangnya ada usaha kaya gitu?? Mau liat contohnya... kliknya disini.

Usaha sampingan lainnya yang bisa anda coba adalah dengan menjadi agen Tf Organik.

Terima kasih,
andi saebatul


Usaha sampingan buat pemula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar